Makalah Manajemen Terstruktur 2014
UNIVERSITAS PUTRA BATAM
Makalah
Berbisnis Olshop (Online Shop)
Makalah
ini di susun guna untuk memenuhi tugas
mata
kuliah Pengantar Manajemen
Di
susun oleh :
Wilison Christianto (190210092)
Rinaldi Kanzul Arsy (141510125)
Pebrianto Siburian (120210300)
Anrisal Ritonga (140210057)
FAKULITAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
PUTERA BATAM
2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang
telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan
menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Tuhan.
Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula penulis dapat
menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul ‘Berbisnis Olshop (Online Shop)’ ini yang merupakan tugas mata
kuliah Pengantar Manajemen.
Penulis menyadari dalam
makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan
baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat
mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.
Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan
khususnya bagi penulis sendiri. Amin
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
1.2
Ruang Lingkup
1.3
Rumusan Masalah
1.4 Maksut
Dan Tujuan
1.5
Metodologi Penelitian
BAB II
Pembahasan
2.1
Pengertian Online Shop
2.2
Kelebihan Online Shop
2.3
Kekurangan Online Shop
2.4
Cara Memastikan Sebuah
Online Shop
2.5
Pembahasan Hasil
Penilitian
BAB III Analisis Masalah
3.1
Analisis Pengembangan
Bisinis Online
BAB IV
Penutup
4.1
Kesimpulan
4.2
Saran
Daftar
Pustaka
BAB I
PENDAHUlUAN
1.1 Latar Belakang
Zaman
globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju tetapi sayangnya tidak diikuti oleh
perekonomian negara kita yang masih jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan
zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah
penggunaan SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin meningkat setiap
tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan
dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam
berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang
jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani
sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang
semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam
memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.
Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan
yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha
dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat
ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone
yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet
yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan
kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren
yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau
sering disebut online shop.
Berbagai
macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli
secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online
Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal
yang besar., foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis
online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop
ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan
yang bersifat pribadi. Penyusun ingin
mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan
menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka
usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran
pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju
dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk
di dunia.
1.2 Ruang Lingkup
Ruang
lingkup di sini adalah menentukan jenis usaha dan mengelola administrasi usaha.
Menganalisis aspek-aspek yang berhubungan dengan pengelolaan sebuah usaha akan
membuat kita makin efektif menetapkan diri sebagai calon wirausahawan. Dengan
mengobservasi sebuah usaha kita akan mmmengetahui cara-cara pembuatan usaha
kecil sampai pada cara mengelolanya. Dengan adanya kegiatan atau observasi ini
kita dapat mengetahui bagaimana mendirikan sebuah usaha sederhana .
Cantik
sale adalah salah satu online shop yang menerima pesanan satuan atau paketan
keluar kota.Olshop ini sangat diburu oleh orang-orang yang sedang atau ingin
mempercantik diri dengan busana dan pernak pernik pendukung, atau pun sekedar
untuk memberikan simbolis tanda cinta atau selamat.Toko ini bisa menerima semua
pesanan pelanggannya baik COD ataupun via online.
Olshop
ini selain costumer sekitar, juga mempunyai pelanggan setia dari luar daerah
yang jauh dari lingkungan outlet. Meskipun belum menjadi perusahaan besar
olshop ini selalu banyak menerima pesanan.
Dan dari
usaha kecil inilah pemilik dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan biaya kuliah.
Modal yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak, namun keuntungan yang diperoleh
lebih dari cukup dari modal yang dikeluarkan.
Namun,
Setiap usaha pasti akan atau pernah mengalami rugi atau kegagalan. Usaha
seperti ini pun tidak lepas dari hal tersebut.Tapi bagi yang ingin mencoba
berwirausaha ini , jangan takut akan hal tersebut. Karena kegagalan adalah
suatu keberhasilan yang tertunda. Di zaman yang sulit memperoleh lapangan
pekerjaan ,banyak orang yang berfikir untuk memulai berbisnis.Jadi jangan takut
untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.
1.3 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Online Shop?
2.
Apa kelebihan online shop?
3.
Apa kekurangan online shop?
4.
Bagaimana memastikan keaslian sebuah online shop?
1.4 Maksud dan Tujuan
Maksud
dibuatnya makalah ini adalah untuk memotivasi mahasiswa agar lebih menghargai
usaha kecil yang ternyata dapat menguntungkan setiap individu/mahasiswa dan
dapat mengambil sedikit ilmu berwirausaha yang baik dan benar. Agar lebih paham
bagaimana cara memproduksikan, mempromosikan, dan menentukan harga
produk-produk usaha.Tujuan dari makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari
mata kuliah entrepreneurship.
1.5 Metodologi Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi,
kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat
mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diteliti.
Adapun langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai
berikut:
1.Menentukan topik yang akan dibahas.
2.Setelah itu penyusun merumuskan masalah.
3.Mengumpulkan data, dengan cara browsing melalui
internet dan observasi kepada pemilik usaha online shop.
4.Penyusunan makalah. Setelah tahap–tahap
sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah selanjutnya adalah menyusun makalah
agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Online Shop
Menurut
Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian
barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui
internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa
dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012).
Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu
menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor
computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi
jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil
survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi
perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online
shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh
bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK
ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena
jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80%
dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)
Survey
yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam
berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara
5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan
Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru,
Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi
dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden
dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak
mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di
Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun
2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi
dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog,
multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang
ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang
membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
Pada
awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh
masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer,
jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli
tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,
dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari
ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja
dengan online.
2.2 Kelebihan Online Shop
Bisnis
Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak.
Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu
bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita
dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau
‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
Tak
hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng
‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih
melakukan belanja online atau online shop antara lain :
1. Hemat Tenaga
Belanja
secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di
kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga
akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja
melalui onlie, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus
menunggu waktu lama.
2. Mengurangi Rasa Lelah
Untuk
pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau
mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa
berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa
juga sambil menonton tv.
3. Tidak Repot
Jika
memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan
yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal
menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
4. Mudah Membandingkan Harga
Daripada
menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga
baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping.
Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle
shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
5. Tidak bertatap muka
Belanja
online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang yang memang
mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah satunya
faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie , pasti
Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di pusat perbelanjaan bukan ?
6. Hemat Waktu
Belanja
online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan.
Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga
waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
7. Nyaman
Kenyamanan
juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda
bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
2.3 Kekurangan Online Shop
Ada
juga sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online.
Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap
barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya,
serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat
gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak
sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka
takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu.
Karena
transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan
sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online
shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba
belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di
jejaring social media seperti facebook dan twitter.
2.4 Cara Memastikan sebuah online shop
Saat
ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop
fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif
yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang
cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan
belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian
sebuah online shop menurut Ayu Noor, 2011 :
1.Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko
tersebut. Jika diberikan alamat
yang jelas coba lacak menggnakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
2.Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya
dekat, bisahkah COD (cash on delivery).
Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
3.Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan
rekening bersama. Jika pemilik
toko enggan menggunakan rekber, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama
otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4.Coba cari nomer telepon yang tertera di toko
tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu.
2.5 Pembahasan Hasil
Penilitian
1.Nama
Usaha
Usaha
yang telah dikembangkan diberi nama “Sejahtera
Shop” .
2.Modal
Sejahtera
Shop tidak menggunakan modal sama sekali, kerena semua yang akan kami gunakan
dalam menjalankan usaha online ini adalah hal – hal atau barang – barang yang
sudah kami gunakan untuk keperluan lain sebelumnya. Misalnya Blackberry
Smartphone, Laptop atau Komputer, Modem atau koneksi jaringan internet, pulsa,
account tabungan pada salah satu bank, dll.
3.Rencana
Lokasi Usaha
Dengan
pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang telah disediakan oleh
satu nama merk handpone yang memproduksi smartphone. Dalam kasus ini ialah
Blackberry Smartphone.
Pembuatan
account pada social media lainnya seperti facebook, twitter, atau kita juga
dapat membuat website khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan menjadi
semakin banyak atau melebihi batas maximum group pada Blackberry Smartphone.
4.Target
Pelanggan
Target
pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak
blackberry messenger kita. Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung
dalam situs jejaring social lainnya.
5.Jenis
Produk
Jenis produk yang telah dijalani adalah :
1. Penjualan pakaian
2. Penjualan Pants
3. Penjualan Bags
4.Penjualan Jam
5.Penjualan Garskin
6. Penjualan Sunglasses
7. Penjualan Accessories
8. Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan
pasar dan kegiatan konsumen.
6.Mulai
Usaha
Dalam
menjalankan usaha online shop ini kami tidak memerlukan waktu khusus dalam
mengerjakannya. Kami dapat melakukannya dimana pun dan kapan pun tanpa
menggangu perkuliahan ataupun aktivitas kami yang lain.
7.Perangkat
Keras Dan Lunak
Perangkat keras yang akan digunakan dalam usaha ini
adalah :
1. Blackberry Smartphone.
2. Laptop atau komputer ( jika diperlukan ).
3. Koneksi internet.
4. M-banking tau E-banking .
8.Laba
Laba
dari tiap produk yang ditawarkan berbeda – beda, untuk bulan pertama
kemungkinannya ialah Rp. 15.000,00 – Rp. 1.000.000,00 tergantung dari berapa
banyaknya barang yang terjual selama satu bulan tersebut.
9.Pembagian
Hasil
Kebanyakan
dalam pembuaatan usaha online shop jenis ini ialah perorangan, maka tidak ada
pembagian hasil dengan pihak manapun dalam usaha online shop ini. Karna laba
atau keuntungan yang didapat dari tiap barangnya hanya sedikit, umumnya
maksimal pembuatan usaha online ini hanya 2 orang saja. Dengan begitu pembagian
hasilnya dapat dilakukan pada akhir tahun atau sesuai dengan kesepakatan waktu
pembagian hasil yang dilakukan diawal, prosentasenya yaitu sebesar 50% : 50%.
10.Surat
Perjanjian
Dalam
awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya
berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha
online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal
dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk
mendapatkan jaminan hukum.
11.Strategi
Pemasaran
Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online
shop ini antara lain :
Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau
memancing orang untuk melihat-lihat
barang yang kita tawarkan.
Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada
calon pembeli.
Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli
dalam jumlah banyak.
Memberikan diskon khusus kepada pembeli atau
pelanggan setia.
Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli
secara gratis.
12.Konsep
Pemasaran
Sejahtera
Shop ini menerapkan Konsep Pemasaran “Berwawasan Menjual” dengan menggunakan
sistem payment yang artinya “ada uang ada barang” Kami beranggapan bahwa, kami
akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan kami tidak akan membeli produk
kami dalam jumlah cukup banyak sehingga kami harus melakukan strategi penjualan
yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.
Rencana
Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang
1.
Rencana Jangka Pendek
Melakukan
promosi, promosi dilakukan dengan cara menyebarkan selebaran dan memasang
spanduk atau menempelkan reklame-reklame di tempat yang ramai dikunjungi orang.
2.
Rencana Jangka Menengah
Mengadakan
diskon atau potongan harga. Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat
menaikkan pasar.
3. Rencana Jangka Panjang
Pembanguan
Butik
Keunggulan
dari pembuatan usaha Online Shop kami ini antara lain:
Harga
Dalam
menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan
kantong dari konsumennya.Akan tetapi ebby_shop ini tetap memperhatikan kualitas
dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan
kualitas barang yang mereka beli. Konsumen tidak perlu khawatir soal harga.
Harga dan biaya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing konsumen.
Model
Anak-anak
muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu
berusaha mengikuti trend masa kini, dan model pakaian yang dijual di ebby_shop
ini biasanya mengkuti perkembangan trend masa kini. Dengan motif yang sedang
update seperti tribal owl hooundstooth.
Pelayanan
Selain
harga dan kualitas, hal lain yang cukup penting dalam usaha biutik adalah
pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak
pelanggan untuk kembali ke rumah makan Anda.
Dengan
memberikan potongan harga
Dengan
memberikan potongan harga ongkos kirim atau
dapat juga free ongkir untuk pembelian diatas 3pcs atau kepada konsumen
yang sudah lebih dari 5 kali membeli produk di dalam group shop kami.
Keterbatasan
Sistem
Karena
adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang
mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya
seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang
yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu
kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar – gambar dari dari
produk – produk yang kami tawarkan di dalam group online shop kami. Sehingga
orang – orang atau kontak yang tidak berada dalam group ini pun tetap dapat
melihat apa yang coba kami tawarkan.
Kendala
dan Cara Mengatasi
Kendala
yang sering dihadapi ialah saat pendistribusian pemesanan . Keterlambatan saat
produk diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin.
BAB
III
Analisis Masalah
3.1 Analisis
Pengembangan Bisinis Online
Membangun
sebuah komunitas adalah sangat penting untuk pengembangan bisnis online shop,
seperti mencari pertemanan, kolega, rekan bisnis, sesama penggemar di mana
dibentuk dalam satu wadah khusus. Komunitas sederhananya adalah untuk membangun
sebuah kelompok yang mempunyai kesamaan visi dan misi.
Kelompok
tersebut akan menjadi besar jika ada aktivitas rutin, diskusi, forum, atau
tanya jawab seputar kegiatan yang akan kita bentuk misalnya Asosiasi Properti
yang membahas masalah properti seperti apartemen, penthouse dan perumahan.
Komunitas
online shop bisa kita bentuk melalui website seperti forum atau yang lebih
sederhana menggunakan mailist, atau yang sedang trend saat ini menggunakan
facebook.Komunitas offline anda bisa mengadakan home meeting / home sharing
yang bisa secara rutin Anda lakukan di group Anda.
Jika
Anda bisa membangun cara ini, maka group Anda bisa menjadi kokoh dalam waktu
yang relatif singkat, karena pertemuan seperti itu bisa menciptakan sebuah
loyalitas dalam sebuah kelompok atau group.
Cara
ini sangat ampuh jika kita gunakan untuk mengembangkan bisnis online shop, walaupun
dengan berbagai kelemahan dan kelebihannya bisnis online masih banyak menuai
kontroversi, karena banyaknya korban berjatuhan.
Dengan
adanya komunitas bisa mengurangi korban korban baru dan bisa memperbaiki citra
bisnis online shop dan memberikan keuntungan khusus Diskon Barang Asosiasi dari
sebuah komunitas tersebut Demikian juga dengan MLM atau Network Marketing,
inilah bisnis yang sangat kontroversi, paling dibenci sekaligus di cari.
Apapun
pendapat Anda bisnis ini paling banyak menciptakan jutawan atau milyuner dalam
waktu yang relatif singkat dan dengan modal yang sangat minim.
Di
bisnis ini anda wajib punya komunitas yang loyal, jika anda ingin disebut
sebagai leader sejati Anda harus memiliki syarat utama, seperti citra yang baik
(bukan kutu loncat), mempunyai pemahaman yang baik ttg bisnis ini, mempunyai
pribadi yang santun dan suka membantu, dan pada akhirnya banyak orang yang
percaya dengan kredibilitas anda.
Membangun
komunitas di network marketing perlu waktu yang relatif lama, perlu pembuktian,
dan perlu pelayanan yang lebih dari Anda.
Jika
itu tidak dilakukan maka tidak lama kemudian jaringan Anda akan mati perlahan
lahan, dan anda akan gagal.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba
sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang
berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis
dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja
online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke
penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak
perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud
‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer,
dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli
secara cepat dan nyaman.
Tetapi,
arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya,
serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat
gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak
sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka
takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar
online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih
dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
4.1 Saran
Dalam
berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang
ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja
prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena
emas ada satu jengkal lagi.
Upaya
pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan
masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan
mengurangi pengangguran di dalam negeri.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar