Rabu, 29 Oktober 2014

Makalah Berbisnis Olshop (Online Shop)


Makalah Manajemen Terstruktur 2014
UNIVERSITAS PUTRA BATAM 


Makalah Berbisnis Olshop (Online Shop)

Makalah ini di susun guna untuk memenuhi tugas
mata kuliah Pengantar Manajemen
Dosen pembimbing : Suryo Budi Pranoto S.E MM.

Di susun oleh :
Wilison Christianto (190210092)
Rinaldi Kanzul Arsy (141510125)
Pebrianto Siburian (120210300)
Anrisal Ritonga (140210057)

FAKULITAS TEKNIK
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2014/2015

KATA PENGANTAR

            Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Tuhan.

Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul ‘Berbisnis Olshop (Online Shop)’ ini yang merupakan tugas mata kuliah Pengantar Manajemen.

       Penulis menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.

       Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin



DAFTAR ISI

Kata Pengantar          
                                               
Daftar Isi                                               

BAB I Pendahuluan                               
               1.1 Latar Belakang                 
               1.2 Ruang Lingkup                 
               1.3 Rumusan Masalah            
               1.4 Maksut Dan Tujuan
               1.5 Metodologi Penelitian       ­­­­

BAB II Pembahasan                     
               2.1 Pengertian Online Shop    
               2.2 Kelebihan Online Shop     
               2.3 Kekurangan Online Shop  
               2.4 Cara Memastikan Sebuah  
                     Online Shop                    
               2.5 Pembahasan Hasil
                     Penilitian                         
          
BAB III Analisis Masalah                      
               3.1 Analisis Pengembangan
                     Bisinis Online                  

BAB IV Penutup                                  
               4.1 Kesimpulan                      
               4.2 Saran                               

Daftar Pustaka                                      



BAB I
PENDAHUlUAN


1.1     Latar Belakang

          Zaman globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju tetapi sayangnya tidak diikuti oleh perekonomian negara kita yang masih jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.  Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini.  Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.

          Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu,  tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.

          Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar., foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.



1.2     Ruang Lingkup

          Ruang lingkup di sini adalah menentukan jenis usaha dan mengelola administrasi usaha. Menganalisis aspek-aspek yang berhubungan dengan pengelolaan sebuah usaha akan membuat kita makin efektif menetapkan diri sebagai calon wirausahawan. Dengan mengobservasi sebuah usaha kita akan mmmengetahui cara-cara pembuatan usaha kecil sampai pada cara mengelolanya. Dengan adanya kegiatan atau observasi ini kita dapat mengetahui bagaimana mendirikan sebuah usaha sederhana .

          Cantik sale adalah salah satu online shop yang menerima pesanan satuan atau paketan keluar kota.Olshop ini sangat diburu oleh orang-orang yang sedang atau ingin mempercantik diri dengan busana dan pernak pernik pendukung, atau pun sekedar untuk memberikan simbolis tanda cinta atau selamat.Toko ini bisa menerima semua pesanan pelanggannya baik COD ataupun via online.

          Olshop ini selain costumer sekitar, juga mempunyai pelanggan setia dari luar daerah yang jauh dari lingkungan outlet. Meskipun belum menjadi perusahaan besar olshop ini selalu banyak menerima pesanan.

          Dan dari usaha kecil inilah pemilik dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan biaya kuliah. Modal yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak, namun keuntungan yang diperoleh lebih dari cukup dari modal yang dikeluarkan.

          Namun, Setiap usaha pasti akan atau pernah mengalami rugi atau kegagalan. Usaha seperti ini pun tidak lepas dari hal tersebut.Tapi bagi yang ingin mencoba berwirausaha ini , jangan takut akan hal tersebut. Karena kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda. Di zaman yang sulit memperoleh lapangan pekerjaan ,banyak orang yang berfikir untuk memulai berbisnis.Jadi jangan takut untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.



1.3     Rumusan Masalah

            1. Apa pengertian Online Shop?
            2. Apa kelebihan online shop?
            3. Apa kekurangan online shop?
            4. Bagaimana memastikan keaslian sebuah online shop?



1.4     Maksud dan Tujuan

          Maksud dibuatnya makalah ini adalah untuk memotivasi mahasiswa agar lebih menghargai usaha kecil yang ternyata dapat menguntungkan setiap individu/mahasiswa dan dapat mengambil sedikit ilmu berwirausaha yang baik dan benar. Agar lebih paham bagaimana cara memproduksikan, mempromosikan, dan menentukan harga produk-produk usaha.Tujuan dari makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari mata kuliah entrepreneurship.



1.5     Metodologi Penelitian

          Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diteliti.

Adapun langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai berikut:

1.Menentukan topik yang akan dibahas.
2.Setelah itu penyusun merumuskan masalah. 
3.Mengumpulkan data, dengan cara browsing melalui internet dan observasi                     kepada pemilik usaha online shop.
4.Penyusunan makalah. Setelah tahap–tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka              langkah selanjutnya adalah menyusun makalah agar tujuan dan manfaat dapat                dikomunikasikan.



BAB II
PEMBAHASAN



2.1     Pengertian Online Shop

          Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

          Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)

          Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).

          Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.

          Pada awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,  dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.



2.2     Kelebihan Online Shop

          Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.

          Tak hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng ‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih melakukan belanja online atau online shop antara lain :

1.       Hemat Tenaga
          Belanja secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui onlie, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.

2.       Mengurangi Rasa Lelah
          Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.

3.       Tidak Repot
          Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.

4.       Mudah Membandingkan Harga
          Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.

5.       Tidak bertatap muka
          Belanja online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang yang memang mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah satunya faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie , pasti Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di pusat perbelanjaan bukan ?

6.       Hemat Waktu
          Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.

7.       Nyaman
          Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.



2.3     Kekurangan Online Shop

          Ada juga sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online. Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.

          Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaring social media seperti facebook dan twitter.



2.4     Cara Memastikan sebuah online shop      

          Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah online shop menurut Ayu Noor, 2011 : 

1.Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang       jelas coba lacak menggnakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.

2.Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on                        delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak          perlu ada transaksi.

3.Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika                          pemilik toko enggan menggunakan rekber, dipastikan mereka takut. Karena bila            menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.

4.Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan        begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang          sudah ditipu.



2.5   Pembahasan Hasil Penilitian

1.Nama Usaha

          Usaha yang telah dikembangkan diberi nama “Sejahtera  Shop” .

2.Modal

          Sejahtera Shop tidak menggunakan modal sama sekali, kerena semua yang akan kami gunakan dalam menjalankan usaha online ini adalah hal – hal atau barang – barang yang sudah kami gunakan untuk keperluan lain sebelumnya. Misalnya Blackberry Smartphone, Laptop atau Komputer, Modem atau koneksi jaringan internet, pulsa, account tabungan pada salah satu bank, dll.

3.Rencana Lokasi Usaha

          Dengan pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang telah disediakan oleh satu nama merk handpone yang memproduksi smartphone. Dalam kasus ini ialah Blackberry Smartphone.

          Pembuatan account pada social media lainnya seperti facebook, twitter, atau kita juga dapat membuat website khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan menjadi semakin banyak atau melebihi batas maximum group pada Blackberry Smartphone.

4.Target Pelanggan

          Target pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak blackberry messenger kita. Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung dalam situs jejaring social lainnya.

5.Jenis Produk
Jenis produk yang telah dijalani adalah :
1. Penjualan pakaian
2. Penjualan Pants
3. Penjualan Bags
4.Penjualan Jam
5.Penjualan Garskin
6. Penjualan Sunglasses
7. Penjualan Accessories
8. Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.

6.Mulai Usaha

          Dalam menjalankan usaha online shop ini kami tidak memerlukan waktu khusus dalam mengerjakannya. Kami dapat melakukannya dimana pun dan kapan pun tanpa menggangu perkuliahan ataupun aktivitas kami yang lain.

7.Perangkat Keras Dan Lunak

Perangkat keras yang akan digunakan dalam usaha ini adalah :
1. Blackberry Smartphone.
2. Laptop atau komputer ( jika diperlukan ).
3. Koneksi internet.
4. M-banking tau E-banking .

8.Laba

          Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda – beda, untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp. 15.000,00 – Rp. 1.000.000,00 tergantung dari berapa banyaknya barang yang terjual selama satu bulan tersebut.

9.Pembagian Hasil

          Kebanyakan dalam pembuaatan usaha online shop jenis ini ialah perorangan, maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak manapun dalam usaha online shop ini. Karna laba atau keuntungan yang didapat dari tiap barangnya hanya sedikit, umumnya maksimal pembuatan usaha online ini hanya 2 orang saja. Dengan begitu pembagian hasilnya dapat dilakukan pada akhir tahun atau sesuai dengan kesepakatan waktu pembagian hasil yang dilakukan diawal, prosentasenya yaitu sebesar 50% : 50%.

10.Surat Perjanjian

          Dalam awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk mendapatkan jaminan hukum.

11.Strategi Pemasaran

Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online shop ini antara lain :

Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk melihat-lihat barang yang kita tawarkan.

Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.

Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.

Memberikan diskon khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.

Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.

Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.


12.Konsep Pemasaran
         
          Sejahtera Shop ini menerapkan Konsep Pemasaran “Berwawasan Menjual” dengan menggunakan sistem payment yang artinya “ada uang ada barang” Kami beranggapan bahwa, kami akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan kami tidak akan membeli produk kami dalam jumlah cukup banyak sehingga kami harus melakukan strategi penjualan yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.


Rencana Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang

1. Rencana Jangka Pendek

          Melakukan promosi, promosi dilakukan dengan cara menyebarkan selebaran dan memasang spanduk atau menempelkan reklame-reklame di tempat yang ramai dikunjungi orang.

2. Rencana Jangka Menengah

         Mengadakan diskon atau potongan harga. Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat menaikkan pasar.

 3. Rencana Jangka Panjang

Pembanguan Butik

Keunggulan dari pembuatan usaha Online Shop kami ini antara lain:

Harga

          Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya.Akan tetapi ebby_shop ini tetap memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli. Konsumen tidak perlu khawatir soal harga. Harga dan biaya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing konsumen.
  
Model

          Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti trend masa kini, dan model pakaian yang dijual di ebby_shop ini biasanya mengkuti perkembangan trend masa kini. Dengan motif yang sedang update seperti tribal owl hooundstooth.

Pelayanan

          Selain harga dan kualitas, hal lain yang cukup penting dalam usaha biutik adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak pelanggan untuk kembali ke rumah makan Anda.

Dengan memberikan potongan harga

          Dengan memberikan potongan harga ongkos kirim atau  dapat juga free ongkir untuk pembelian diatas 3pcs atau kepada konsumen yang sudah lebih dari 5 kali membeli produk di dalam group shop kami.

Keterbatasan Sistem

          Karena adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar – gambar dari dari produk – produk yang kami tawarkan di dalam group online shop kami. Sehingga orang – orang atau kontak yang tidak berada dalam group ini pun tetap dapat melihat apa yang coba kami tawarkan.

Kendala dan Cara Mengatasi

          Kendala yang sering dihadapi ialah saat pendistribusian pemesanan . Keterlambatan saat produk diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin.




BAB III
Analisis Masalah  


3.1     Analisis Pengembangan Bisinis Online


          Membangun sebuah komunitas adalah sangat penting untuk pengembangan bisnis online shop, seperti mencari pertemanan, kolega, rekan bisnis, sesama penggemar di mana dibentuk dalam satu wadah khusus. Komunitas sederhananya adalah untuk membangun sebuah kelompok yang mempunyai kesamaan visi dan misi.

          Kelompok tersebut akan menjadi besar jika ada aktivitas rutin, diskusi, forum, atau tanya jawab seputar kegiatan yang akan kita bentuk misalnya Asosiasi Properti yang membahas masalah properti seperti apartemen, penthouse dan perumahan.

          Komunitas online shop bisa kita bentuk melalui website seperti forum atau yang lebih sederhana menggunakan mailist, atau yang sedang trend saat ini menggunakan facebook.Komunitas offline anda bisa mengadakan home meeting / home sharing yang bisa secara rutin Anda lakukan di group Anda.

          Jika Anda bisa membangun cara ini, maka group Anda bisa menjadi kokoh dalam waktu yang relatif singkat, karena pertemuan seperti itu bisa menciptakan sebuah loyalitas dalam sebuah kelompok atau group.

          Cara ini sangat ampuh jika kita gunakan untuk mengembangkan bisnis online shop, walaupun dengan berbagai kelemahan dan kelebihannya bisnis online masih banyak menuai kontroversi, karena banyaknya korban berjatuhan.

           Dengan adanya komunitas bisa mengurangi korban korban baru dan bisa memperbaiki citra bisnis online shop dan memberikan keuntungan khusus Diskon Barang Asosiasi dari sebuah komunitas tersebut Demikian juga dengan MLM atau Network Marketing, inilah bisnis yang sangat kontroversi, paling dibenci sekaligus di cari.

          Apapun pendapat Anda bisnis ini paling banyak menciptakan jutawan atau milyuner dalam waktu yang relatif singkat dan dengan modal yang sangat minim.

          Di bisnis ini anda wajib punya komunitas yang loyal, jika anda ingin disebut sebagai leader sejati Anda harus memiliki syarat utama, seperti citra yang baik (bukan kutu loncat), mempunyai pemahaman yang baik ttg bisnis ini, mempunyai pribadi yang santun dan suka membantu, dan pada akhirnya banyak orang yang percaya dengan kredibilitas anda.

          Membangun komunitas di network marketing perlu waktu yang relatif lama, perlu pembuktian, dan perlu pelayanan yang lebih dari Anda.

          Jika itu tidak dilakukan maka tidak lama kemudian jaringan Anda akan mati perlahan lahan, dan anda akan gagal. 
  


BAB IV
PENUTUP

4.1     Kesimpulan
         
         Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.

          Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
         
          Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

          Tetapi, arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.



4.1     Saran

          Dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi.

          Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.



Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar